Dentic Family
You are here: Home / Blog / Gigi Bersih dan Rapi Tambah Percaya Dirimu

Gigi Bersih dan Rapi Tambah Percaya Dirimu

Gigi Bersih dan Rapi Tambah Percaya Dirimu

admin December 1, 2012 0 comments
01Dec
0

Tahukah anda bahwa susunan gigi yang tidak teratur atau asimetris tentunya akan sangat mempengaruhi estetis dan menimbulkan masalah psikososial bagi penderita, kurangnya rasa percaya diri dan sebagainya. Begitu pula dengan gigi yang susunannya tidak atau kurang ideal, dapat menyebabkan gangguan fungsi kunyah atau masalah sendi rahang selain juga dapat mengganggu penelanan dan bicara. Gigi yang berjejal atau tumpang tindih lebih sulit dibersihkan, sehingga lebih rentan terhadap karies (lubang gigi), penyakit periodontal (jaringan pendukung gigi) atau trauma.

Keluhan-keluhan terhadap gigi seperti yang disebutkan di atas dalam istilah kedoteran gigi dikenal dengan Maloklusi. Apa yang menyebabkan terjadinya maloklusi? ada beberapa hal yang mempengaruhi terjadinya maloklusi ini seperti ;

  1. Gangguan perkembangan janin, yang dapat disebabkan oleh kelainan genetik atau faktor lingkungan saat ibu hamil.
  2. Gangguan pertumbuhan gigi yang disebabkan oleh jumlah gigi yang kurang (anodontia/oligodontia) atau lebih (supernumerary teeth) dari normal. Bisa juga terjadi akibat kehilangan gigi susu secara dini.
  3. Gangguan pertumbuhan skeletal (tengkorak kepala) yang dapat disebabkan cedera yang dialami pada saat proses kelahiran yang sulit sehingga menyebabkan trauma kepala janin.
  4. Kebiasaan buruk menghisap jempol atau benda lain. Namun tidak semua kebiasaan buruk ini menyebabkan maloklusi, tergantung sampai berapa lama kebiasaan buruk itu bertahan.
  5. Ukuran gigi dan rahang yang tidak proporsional, biasa dikaitkan dengan perkawinan antar suku

Lalu bagaimana mengatasi hal ini?

Anda dapat melakukan Perawatan Ortodonsi. Apa itu? Menurut British Society of Orthodontics, ortodontik merupakan cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari khususnya tulang rahang dan wajah yang dapat mempengaruhi posisi gigi. Perawatan ortodonsi tidak semata-mata hanya merapikan susunan gigi yang tidak rata tapi juga mengembalikan fungsi pengunyahan yang normal.

Apakah semua dokter gigi dapat melakukan perawatan ini?

Perawatan ortodonsi mencakup banyak hal mulai dari pengetahuan yang lebih mendalam tentang tumbuh kembang, penetapan diagnosis, hingga pemasangan alat itu sendiri. Jadi lakukanlah perawatan ortodonsi kepada dokter gigi spesialis ortodensia bukan pada dokter gigi umum atau general practitioner.

 

Kapan tepatnya perawatan ini dilakukan?

Tidak ada batasan umur yang pasti, semua tergantung kepada kasus dan keadaan jaringan penyangga gigi, kebersihan mulut dan kemauan.

Perawatan ortodonsi dapat dilakukan pada saat gigi bergantian, bila diperkirakan susunan gigi tersebut akan berpengaruh besar di kemudian hari, dokter gigi akan menentukan kapan anak itu akan mulai dirawat. Perawatan ortodonsi dapat berupa alat cekat atau alat lepasan. Pada orang dewasa, karena pertumbuhan rahang sudah maksimal, biasanya menggunakan alat cekat.

In Category : Blog

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment
Name *
Email *
Web