02 May 2018

Kapan Anda Membutuhkan Perawatan Gigi ?

0 Comment

Apakah anda termasuk dari salah satu orang yang takut untuk datang ke dokter gigi? Tidak perlu khawatir, faktnya selain Anda banyak juga yang takut dengan dokter gigi. Hal ini bahkan terjadi pada orang dewasa sekalipun Beberapa orang baik dewasa dan anak – anak lebih memilih untuk tidak datang ke dokter gigi meskipun sedang mengalami kondisi darurat. Dan lebih memilih menahan sakit. Jadi Kapan anda harus melakukan perawatan gigi?

Alasan terbesar yang membuat ketakutan adalah ketakutan akan proses perawatan dari dokter gigi. Seperti diketahui bahwa area gigi merupakan area yang cukup sensitif terhadap rasa nyeri. Ditambah lagi perlengkapan seperti bor, suntikan dan lain – lain tentunya semakin membuat nyali Anda menciut untuk mendatangi Dokter gigi. Selain itu, ada juga yang takut ketahuan kondisi kesehatan giginya yang buruk. Padahal, dengan menunda perawatan ke Dokter gigi, Anda telah menambah penderitaan Anda dan menjadikan resiko penyakit mulut yang semakin besar.

Untuk itu, apabila anda mengalami keluhan gigi seperti yang terurai dibawah ini, tandanya Anda harus segera mengatur jadwal ke Dokter gigi. Sehingga Kesehatan mulut Anda segera mendapat penanganan dari tenaga professional.

Perawatan Gigi  Tanggal

Apakah gigi Anda tanggal, retak yang disebabkan pembusukan dan kebersihan mulut yang buruk atau akibat dari kecelakaan. Dan mulut Anda mengalami trauma, itu tandanya Anda perlu segera menemui dokter gigi. Gigi bayi masih bisa tumbuh lagi jika tanggal, sedangkan gigi dewasa akan lepas permanen, saat gigi dewasa lepas, gigi itu hilang selamanya. Inilah mengapa penting untuk menyelamatkan gigi yang lepas.

Gigi bisa diselamatkan jika ditangani dengan cepat oleh dokter gigi atau tenaga medis profesional. Biasanya Dokter gigi memiliki nomer telepon yang bisa dihubungi setelah selesai praktek. Namun jika Anda tidak mendapatkan bantuan dari Dokter Gigi, anda bisa datang unit gawat darurat di klinik maupun Rumah sakit terdekat untuk mendapatkan bantuan medis.

Perawatan Gigi dan Gusi berdarah

Pendarahan adalah  indikasi terjadinya cedera atau luka pada tubuh. Namun ketika gusi anda berdarah belum tentu karena penyakit gusi. Jika mengalami hal ini sebaiknya segera konsultasi dengan dokter gigi. Pengobatan gusi yang cepat dan proaktif dapat mengembalikan kerusakan dan mencegah penyakit gusi semakin memburuk yang berakibat penyakit periodontal serius.

Pendarahan pada Mulut

Perdarahan mulut yang tidak diketahui penyebabnya, terjadi berlebihan dan tidak terkontrol bisa jadi tanda kondisi darurat pada kesehatan gigi. Kondisi ini merupakan tana sesuatu yang salah. Kehilangan darah dalam jumlah besar dapat mengakibatkan resiko kematian. Segeralah hubungi Dokter Gigi saat anda mengalami hal ini.

Gigi Retak

Gigi retak akibat mengalami kecelakaan juga memerlukan penanganan segera dari Dokter Gigi. Bagian gigi yang tersisa akan rentan terhadap pembusukan ketika terkontaminasi oleh makanan dan minuman.

Gigi Berlubang

Apakah Anda mengalami gigi berlubang di masa lalu? Jika iya, kemungkinan kemungkinan besar Anda akan mendapatkan tambalan mahkota. Tujuan dari penambalan dan mahkota adalah untuk memperkuat dan melindungi gigi dari proses membusuk. Pada kurun waktu tertentu tambalan gigi perlu diganti dan diperbaiki. Segera ke Dokter gigi untuk memperbaharuinya.

Abses Gigi (infeksi gigi)

JIka Anda menderita sakit gigi yang parah, hingga rasa sakit memengaruhi kemampuan makan, minum, dan berbicara Anda. Maka kemungkinan besar Anda mengalami abses gigi, atau infeksi gigi. Pada kondisi ini bakteri telah masuk ke gigi, menginfeksi bagian pusat sebelum masuk ke bagian akar gigi.

Jika gigi yang mengalami abses tidak diobati, gigi dapat mati dan jaringan tulang rahang dapat menjadi lemah dan terganggu.

Sakit Gigi

Mengalami sakit gigi merupakan pengalaman yang menyakitkan. Bahkan bisa terus menerus mengganggu kehidupan Anda. Banyak penyebab dari sakit gigi termasuk kepekaan terhadap makanan panas dan dingin. Selain itum cairan dan makanan yang terlalu manis juga berakibat pada kerusakan gigi dan abses gigi.

Untuk itu, pemeriksaan gigi oleh dokter gigi profesional secara berkala dapat memperkecil resiko sakit gigi. Dengan menunda perawatan gigi, Anda memperpanjang ketidaknyamanan Anda dan menempatkan kesehatan mulut Anda pada risiko yang lebih besar.

 

[top]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *